“BELAJAR
MUDAH TATA CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR DAN TUNTUNAN SHALAT LENGKAP DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8”
(Study Kasus di Masjid
Muhammadiyah Ikhlas
Lubuk Begalung Padang)
Kurnia Azis1), Erdisna, S.Kom, M.Kom2) , Febri Hadi, S.Kom3)
1 Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia, Padang
Email: azis281191@gmail.com
2) Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia,
Padang
Email:
3) Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia,
Padang
Email:
Abstrak – With education animated the user can learn the way of ablution and prayer guidance. Intention of making
this animation is to provide knowledge in the learning procedure of
ablution and prayer to make it more fun and change the way of learning how to learn
konveksional a simulation with animation education.
This
research reveals about how to make and design education learn
the way of ablution and prayer guidance. This game have an
application is Macromedia Flash 8.0 and using appliance assist like use case
diagram and block diagram system. Result of this system is an education
animation learn the way of ablution and prayer guidance
With
existence of learn to count animation to be expected to society. Society
assisted in educating ablution and prayer guidance.
Keyword : Belajar, Wudhu, Shalat, Animasi, Macromedia Flash 8,
1.
PENDAHULUAN
Di
era globalisasi sekarang ini komputer telah diaplikasikan sedemikian rupa
sehingga mempercepat perkembangan teknologi informasi. Sejauh ini
begitu banyak penemuan baru yang diciptakan oleh manusia baik di bidang ilmu
pengetahuan maupun di bidang teknologi yang kesemuanya itu bertujuan untuk menghasilkan sebuah
informasi untuk membantu penyelesaian pekerjaan yang dihadapi.
Dengan
gaya hidup masyarakat saat ini yang modern, khususnya masyarakat yang beragama
islam kebanyakan dari mereka mengabaikan hal-hal kecil yang berhubungan dengan
ilmu atau pengetahuan tentang islam, sehingga mengurangi keafdhalan dari setiap
ibadah yang mereka lakukan. Seperti halnya berwudhu dan pelaksanaan shalat,
sebagian besar orang menganggap sepele terhadap tata cara berwudhu dan
pelaksanaan shalat yang baik dan benar
menurut ajaran Rasulullah S.A.W.
Begitu
juga pada jamaah di Masjid Muhammadiyah Ikhlas Lubuk Begalung Padang, masih
banyaknya ditemukan kesalahan kesalahan kecil yang bias mengurangi atau bahkan
tidak diterimanya suatu ibadah tersebut.
Berdasarkan
pokok permasalahan diatas penulis mencoba merancang dan membuat sebuah animasi
multimedia yang penulis tuangkan dalam skripsi ini dengan judul :
“BELAJAR
MUDAH TATA CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR DAN TUNTUNAN SHALAT LENGKAP DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 (Study Kasus Di Masjid
Muhammadiyah Ikhlas Lubuk Begalung Padang)”
1.1 Perumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang diatas, terdapat beberapa perumusan masalah, sebagai berikut :
1. Bagaimana agar media
pembelajaran ini dapat mempermudah user untuk mempelajari tata cara berwudhu
dan shalat yang baik dan benar?
2. Bagaimana cara
mengemas media pembelajaran ini agar lebih menarik perhatian bagi para user ?
3. Bagaimana cara
mengemas media pembelajaran ini agar bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang
tua ?
1.2
Maksud dan Tujuan Penelitian
Secara umum
tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mencari atau
memberikan suatu solusi / pemecahan
terhadap masalah tertentu, berdasarkan data yang dikumpulkan selama proses
penilitian berlangsung.
Adapun tujuan
penelitian yang hendak dicapai adalah :
1. Memberikan
alternatif gambaran tentang tata cara berwudhu dan tuntunan shalat.
2. Mengimplementasikan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang didapat di bangku
pendidikan.
3.
Mengaplikasikan metode multimedia
dalam pembuatan animasi.
4.
Mengaplikasikan MACROMEDIA
FLASH 8 untuk mendukung pembuatan animasi tuntunan berwuduk beserta shalat ini.
2. LANDASAN TEORI
2.1 Pengertian
Sistem Informasi
Sebelum kita membahas mengenai pengertian sistem
informasi kita harus paham apa itu sistem dan apa itu informasi. Pada
pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian sistem. Jadi sekarang
kita hanya membahas apa itu informasi.
Adapun pengertian informasi
adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti
bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang
digunakan untuk mengambil keputusan. (Jogiyanto HM, 2005: 692).
Sistem informasi dapat didefenisikan
sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi daro
orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian
yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe
transaksi rutin, tertentu, member sinyal kepada management dan yang lainnya
terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan
suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik. (Jogiyanto HM, 2005: 697).
Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem
informasi merupakan kumpulan dari pereangkat keras dan lunak computer serta perangkat manusia yang
akan mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut.
(Andi Kristanto, 2003: 11)
2.2 Pengertian
Maromedia Flash 8
Macromedia flash merupakan aplikasi yang digunakan
untuk melakukan desain dan membangun perangkat
presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan
ketersediaan sarana interaksi dengan penggunaanya. Proyek yang dibangun dengan flash bisa terdiri dari
teks, gambar, animasi sederhana, video atau efek-efek khusus lainya.
2.3 Tinjauan Umum Mengenai Wudhu dan Shalat
2.3.1Wudhu
Dalam istilah
lughah (bahasa), wudhu berarti bersih dan indah. Sedangkan menurut syara',
wudhu artinya membersihkan beberapa anggota badan dari hadast kecil sesuai dengan
ketentuan yang telah ditetapkan dalam syara'.
Orang yang
hendak mengerjakan shalat, terlebih dahulu diwajibkan berwudhu, karena wudhu
merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Allah SWT menegaskan dalam surat
Al-Maidah ayat 6:
yang artinya:
"Wahai orang-orang
beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah mukamu,
tanganmu, sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu, dan (basuh) kakimu sampai
dengan mata kaki..."
2.3.2 Shalat
Asal
makna shalat menurut bahasa arab adalah “doa’, secara istilah shalat adalah
ibadat yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan
takbir, disudahi dengan salam, dan memenuhi beberapa syarat yang ditentukan.
Dalam kitab Ilmu Fikih Islam Lengkap karya
Moh. Rifa’I ditambahkan bahwa shalat adalah menghadapkan jiwa dan raga kepada
Allah, karena taqwa hamba kepada Tuhannya, mengagungkan kebesaran-Nya dengan
khusyu’ dan ikhlas dalam bentuk perkataan dan perbuatan.
3.ANALISA DAN HASIL
3.1 Analisa
Sistem
Analisa
sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang
utuh ke dalam bagaian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi
dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan,
hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga
dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.
3.2 Diagram Unified Modeling Language (UML)
Unified
Modelling Languange (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar
dalam industry untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan system
piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah
sistem.
3.2.1 Use Case Diagram
a. Definisi User
Berikut
ini adalah definisi aktor pada pembelajaran yang diterangkan pada Tabel 3.1.
Tabel 3.1 Pemain
No
|
Aktor
|
Deskripsi
|
1
|
User
|
Pemain
merupakan orang yang menjalankan animasi pembelajaran ini. Pemain dapat melihat halaman
menu utama dan memilih pilihan yang disediakan.
|
b.
Definisi Use Case
Use case menggambarkan bagaimana
seseorang akan menggunakan atau memanfaatkan sistem, sedangkan pemain adalah
seseorang atau sesuatu yang berinteraksi dengan sistem. Use case diagram
menggambarkan bagaimana proses-proses yang dilakukan oleh aktor terhadap sebuah
sistem.
Gambar use
case diagram dari animasi berwudhu dan shalat dapat dilihat pada Gambar 3.1
berikut ini:
Gambar
3.1 Use Case Diagram
Keterangan:
Dalam
use case diagram animasi, terdapat satu aktor yaitu pemain.
Pemain dapat memilih menu pilihan yang ada pada menu utama seperti animasi, tutorial, about us, quit.
3.2.2 Blok
Diagram Sistem
Pembuatan blok diagram ini data dilihat pada Gambar 3.2 dibawah ini :
Gambar 3.2 Block Diagram Sistem Secara Umum
Pada Gambar 3.2 Blok Diagram Sistem secara umum menjelaskan tentang gambaran utama program
yang akan dibuat. Dalam pembuatan aplikasi ini terdapat strat animasi, tutorial, about me, dan
quit.
3.2.3 Activity
Diagram
Activity
diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang
dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi,
dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses
parallel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Pembuatan blok diagram
ini data dilihat pada Gambar 3.2 dibawah ini :
Gambar 3.3 Activity Diagram
3.2.4 Component Diagram
Component
diagram dibuat untuk menunjukkan organisasi dan ketergantungan di antara
kumpulan komponen dalam sebuah sistem. Diagram komponen fokus pada komponen
sistem yang dibutuhkan dan ada didalam sistem. Diagram komponen juga dapat
digunakan untuk memodelkan hal-hal berikut:
·
Source code program perangkat lunak.
·
Komponen executable yang dilepas ke user.
·
Basis data secara fisik.
·
Sistem yang harus beradaptasi dengan sistem lain.
3.2.5
Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi
antar objek di dalam dan di sekitra system ( termasuk pengguna, display, dan
sebagainya ) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram
terdiri atas dimensi vertical (Waktu)
dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa dungunakan untuk
menggambarkan scenario atau rangkaian langkah-langkha yang dilakukan sebagai
respon dari seuah event untuk menghasilkan output tertentu. diawali dari apa
yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi
secara internal dan output apa saja yang dihasilkan.
Sequence diagram untuk annimasi berwudhu
dan shalat secara umum dapat ditampilkan seperti Gambar 3.5 berikut :
Gambar 3.5 Sequence Diagram
4. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
4.1 Tampilan Menu
Utama Animasi
Halaman ini merupakan halaman
yang pertama kali muncul ketika pemain menjalankan program animasi ini. Pada halaman ini terdiri dari tombol Start animasi, tombol tutorial, tombol about me dan quit. .Gambar 4.1 merupakan tampilan
beranda awal.
4.1
Tampilan Menu Utama Animasi
4.3.2 Tampilan Sub Menu Start Animasi
Jika pemain menekan tombol Start Animasi pada menu utama. Maka pemain
langsung terkoneksi dengan pilihan animasi yang ingin dijalankan. Tampilan pilihan start animasi terlihat pada Gambar 4.2 berikut ini :
Gambar 4.2 Tampilan Menu Start Animasi
4.3.3 Tampilan Animasi Wudhu
Halaman ini menampilkan tata cara
berwudhu, mulai dari mencuci kedua telapak tangan sampai membasuh kedua kaki. Desain tampilan animasi shalat dapat dilihat pada Gambar 4.3
di bawah ini.
Gambar 4.3 Tampilan Animasi Berwudhu
4.3.4 Tampilan Animasi Shalat
Halaman
ini menampilkan tata cara shalat yang dimulai dengan takbiratulihram dan di
akhiri dengan salam. Desain tampilan
animasi shalat dapat dilihat pada Gambar 4.4 di bawah ini.
Gambar 4.4 Tampilan Animasi Shalat
4.3.5 Menu Menu Tutorial
Halaman ini menampilkan Tutorial Wudhu dan
shalat. Desain tampilan dapat dilihat pada Gambar 4.5 di bawah ini.
4.5 Tampilan Menu Tutorial
5.1 KESIMPULAN
DAN SARAN
Berdasarkan
pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya dan hasil dari analisis
data yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan yang berhubungan dengan aplikasi
multimedia storyboard edukatif dengan penerapan bahasa pemprograman
Macromedia Flash 8.0 yaitu :
1. Media pembelajaran ini
merupakan perancangan yang dapat memudahkan para pengguna yang ingin belajar
tata cara berwudhu dan shalat yang baik dan benar.
2. Media pembelajaran ini
dibangun dengan desain yang menarik sehingga para pengguna tidak bosan selalu
belajar dengan menggunakan buku.
3. Animasi ini dapat membantu
guru dalam kegiatan belajar dan mengajar sehingga memudahkan guru dalam
melaksanakan kegiatan belajar mengajar terutama menyampaikan tata cara berwudhu
dan shalat.
5.2
KETERBATASAN SISTEM
Didalam pembuatan animasi ini masih banyak
kekurangan-kekurangan yang ditemukan, tidak semuanya animasi ini didesain
secara sempurna. Adapun keterbatasan sistem dalam pembuatan sistem ini adalah
sebagai berikut :
1. Gambar dan animasinya
masih dalam bentuk 2D.
2. Gerakan – gerakan yang
terdapat dalam animasi ini masih terkesan patah patah.
3. Sistem yang dibuat
sangat sederhana karena kemampuan penulis hanya sebatas ini saja.
5.3 SARAN
Saran yang
penulis sampaikan dengan aplikasi yang dirancang adalah :
1. Sebelum menjalankan
aplikasi ini, sebaiknya aplikasi macromedia flash 8.0 sudah terinstal dalam PC
atau laptop dan pemutar video sudah mendukung Flash Player.
2. Untuk mendesain suatu
animasi disarankan menggunakan Macromedia Flash 8.0 karena sangat mudah
digunakan dan user-friendly tampilannya.
3. Untuk mengedit rekaman
suara disarankan menggunakan software
format factory selain mudah dalam mengedit suara juga mudah untuk dipelajari.
4. Penulis menyarankan
agar lebih banyak lagi pembuat animasi yang memasukkan unsur
edukatif kedalam pembelajaran buatannya.
5. Buatlah back up dari pembelajaran edukatif yang telah selesai untuk
menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan.
6.
Perlunya dilakukan pendekatan,
pemeliharaan (maintance) dan pengembangan sistem di masa akan datang
untuk menjaga kelangsungan hidup sistem tersebut.
DAFTAR REFERENSI
[1]. Fachrurazi.2009. Tata Cara Shalat Lengkap. Bandung:n Sinar Baru Algensindo Bandung.
[2]. Jogiyanto HM. 2005. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi.
[3]. Jogiyanto HM. 2009. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta:
Andi.
[4]. Kristanti, Andri. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava
Media.
[5 ].
Madcoms, (2012). Kreasi Animasi Kartun dengan Adobe Flash.
Yogyakarta: Andi.
[6]. Rifai, Moh.2006. Risalah Tuntunan Shalat
Lengkap. Semarang: PT.Karya Toha Putra Semarang.
[7]. Wafa, Zaenal. Macromedia Flash 8.
Padang : UPI “YPTK” Padang, 2009. (dipakai dilingkungan UPI “YPTK” Padang).
[8]. Wahana Komputer, (2012). Panduan Aplikasi & Solusi (PAS)
Beragam Desain Game Edukasi Dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi.
[10]. http://ilmukomputer.com
Om boleh minta file macromedia flash wudlu dan shalatri pesantren kilat ni?
BalasHapusMas boleh tidak aku minta file flashnya? Buat tambahan referensi laporanku...terimakasih
BalasHapus