" Jurnal Kurnia Azis | Lirik dan Kunci Gitar

Jurnal Kurnia Azis

BELAJAR MUDAH TATA CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR DAN TUNTUNAN SHALAT LENGKAP DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8
(Study Kasus di Masjid Muhammadiyah Ikhlas
Lubuk Begalung Padang)

Kurnia Azis1), Erdisna, S.Kom, M.Kom2) , Febri Hadi, S.Kom3)
1 Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia, Padang
Email: azis281191@gmail.com
2) Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia, Padang
Email:
3) Sistem Informasi, Universitas Putra Indonesia, Padang
Email:
Abstrak – With education animated the user can learn the way of ablution and prayer guidance. Intention of making this animation is to provide knowledge in the learning procedure of ablution and prayer to make it more fun and change the way of learning how to learn konveksional a simulation with animation education.
  This research reveals about how to make and design education learn the way of ablution and prayer guidance. This game have an application is Macromedia Flash 8.0 and using appliance assist like use case diagram and block diagram system. Result of this system is an education animation learn the way of ablution and prayer guidance
 With existence of learn to count animation to be expected to society. Society assisted in educating ablution and prayer guidance.

Keyword : Belajar, Wudhu, Shalat, Animasi, Macromedia Flash 8,



1.   PENDAHULUAN



Di era globalisasi sekarang ini komputer telah diaplikasikan sedemikian rupa sehingga mempercepat perkembangan teknologi informasi. Sejauh ini begitu banyak penemuan baru yang diciptakan oleh manusia baik di bidang ilmu pengetahuan maupun di bidang teknologi yang kesemuanya itu bertujuan untuk menghasilkan sebuah informasi untuk membantu penyelesaian pekerjaan yang dihadapi.
Dengan gaya hidup masyarakat saat ini yang modern, khususnya masyarakat yang beragama islam kebanyakan dari mereka mengabaikan hal-hal kecil yang berhubungan dengan ilmu atau pengetahuan tentang islam, sehingga mengurangi keafdhalan dari setiap ibadah yang mereka lakukan. Seperti halnya berwudhu dan pelaksanaan shalat, sebagian besar orang menganggap sepele terhadap tata cara berwudhu dan pelaksanaan shalat  yang baik dan benar menurut ajaran Rasulullah S.A.W.
Begitu juga pada jamaah di Masjid Muhammadiyah Ikhlas Lubuk Begalung Padang, masih banyaknya ditemukan kesalahan kesalahan kecil yang bias mengurangi atau bahkan tidak diterimanya suatu ibadah tersebut.
Berdasarkan pokok permasalahan diatas penulis mencoba merancang dan membuat sebuah animasi multimedia yang penulis tuangkan dalam skripsi ini dengan judul :
BELAJAR MUDAH TATA CARA BERWUDHU YANG BAIK DAN BENAR DAN TUNTUNAN SHALAT LENGKAP DENGAN MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 (Study Kasus Di Masjid Muhammadiyah Ikhlas Lubuk Begalung Padang)
1.1 Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, terdapat beberapa perumusan masalah, sebagai berikut :
1. Bagaimana agar media pembelajaran ini dapat mempermudah user untuk mempelajari tata cara berwudhu dan shalat yang baik dan benar?
2. Bagaimana cara mengemas media pembelajaran ini agar lebih menarik perhatian bagi para user ?
3. Bagaimana cara mengemas media pembelajaran ini agar bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang tua ?

1.2 Maksud dan Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian yang dilakukan penulis yaitu untuk mencari atau memberikan  suatu solusi / pemecahan terhadap masalah tertentu, berdasarkan data yang dikumpulkan selama proses penilitian berlangsung.
Adapun tujuan penelitian yang hendak dicapai adalah :
1.    Memberikan alternatif gambaran tentang tata cara berwudhu dan tuntunan shalat.
2.    Mengimplementasikan sumber-sumber ilmu pengetahuan yang didapat di bangku pendidikan.
3.    Mengaplikasikan metode multimedia dalam pembuatan animasi.
4.    Mengaplikasikan MACROMEDIA FLASH 8 untuk mendukung pembuatan animasi tuntunan berwuduk beserta shalat ini.
2.       LANDASAN TEORI
2.1    Pengertian Sistem Informasi
Sebelum kita membahas mengenai pengertian sistem informasi kita harus paham apa itu sistem dan apa itu informasi. Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai pengertian sistem. Jadi sekarang kita hanya membahas apa itu informasi.
Adapun pengertian informasi adalah data yang diolah menjadi bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi yang menerimanya yang menggambarkan suatu kejadian yang nyata yang digunakan untuk mengambil keputusan. (Jogiyanto HM, 2005: 692).
Sistem informasi dapat didefenisikan sebagai suatu sistem di dalam suatu organisasi yang merupakan kombinasi daro orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting, memproses tipe transaksi rutin, tertentu, member sinyal kepada management dan yang lainnya terhadap kejadian-kejadian internal dan eksternal yang penting dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan yang cerdik. (Jogiyanto HM, 2005: 697).
Jadi dapat disimpulkan bahwa sistem informasi merupakan kumpulan dari pereangkat keras dan  lunak computer serta perangkat manusia yang akan mengolah data menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak tersebut. (Andi Kristanto, 2003: 11)

2.2    Pengertian Maromedia Flash 8
Macromedia flash merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan desain dan membangun perangkat presentasi, publikasi, atau aplikasi lainnya yang membutuhkan ketersediaan sarana interaksi dengan penggunaanya. Proyek yang dibangun dengan flash bisa terdiri dari teks, gambar, animasi sederhana, video atau efek-efek khusus lainya.
2.3 Tinjauan Umum Mengenai Wudhu dan  Shalat
2.3.1Wudhu
Dalam istilah lughah (bahasa), wudhu berarti bersih dan indah. Sedangkan menurut syara', wudhu artinya membersihkan beberapa anggota badan dari hadast kecil sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan dalam syara'.
Orang yang hendak mengerjakan shalat, terlebih dahulu diwajibkan berwudhu, karena wudhu merupakan salah satu syarat sahnya shalat. Allah SWT menegaskan dalam surat Al-Maidah ayat 6:
yang artinya:
"Wahai orang-orang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah mukamu, tanganmu, sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu, dan (basuh) kakimu sampai dengan mata kaki..."
2.3.2  Shalat
   Asal makna shalat menurut bahasa arab adalah “doa’, secara istilah shalat adalah ibadat yang tersusun dari beberapa perkataan dan perbuatan yang dimulai dengan takbir, disudahi dengan salam, dan memenuhi beberapa syarat yang ditentukan.
Dalam kitab Ilmu Fikih Islam Lengkap karya Moh. Rifa’I ditambahkan bahwa shalat adalah menghadapkan jiwa dan raga kepada Allah, karena taqwa hamba kepada Tuhannya, mengagungkan kebesaran-Nya dengan khusyu’ dan ikhlas dalam bentuk perkataan dan perbuatan.

3.ANALISA DAN HASIL
3.1 Analisa Sistem
 Analisa sistem dapat didefinisikan sebagai penguraian dari suatu sistem informasi yang utuh ke dalam bagaian-bagian komponennya dengan maksud untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi permasalahan-permasalahan, kesempatan-kesempatan, hambatan-hambatan yang terjadi dan kebutuhan-kebutuhan yang diharapkan sehingga dapat diusulkan perbaikan-perbaikannya.

3.2 Diagram Unified Modeling Language   (UML)
        Unified Modelling Languange (UML) adalah sebuah “bahasa” yang telah menjadi standar dalam industry untuk visualisasi, merancang dan mendokumentasikan system piranti lunak. UML menawarkan sebuah standar untuk merancang model sebuah sistem.

3.2.1   Use Case Diagram
a.      Definisi User
  Berikut ini adalah definisi aktor pada pembelajaran yang diterangkan pada Tabel 3.1.
Tabel 3.1 Pemain
No
Aktor
Deskripsi
1
User
Pemain merupakan orang yang menjalankan animasi pembelajaran ini. Pemain dapat melihat halaman menu utama dan memilih pilihan yang disediakan.

b.      Definisi Use Case
     Use case menggambarkan bagaimana seseorang akan menggunakan atau memanfaatkan sistem, sedangkan pemain adalah seseorang atau sesuatu yang berinteraksi dengan sistem. Use case diagram menggambarkan bagaimana proses-proses yang dilakukan oleh aktor terhadap sebuah sistem.

Gambar use case diagram dari animasi berwudhu dan shalat dapat dilihat pada Gambar 3.1 berikut ini:


Gambar 3.1 Use Case Diagram

Keterangan:
        Dalam use case diagram animasi, terdapat satu aktor yaitu pemain. Pemain dapat memilih menu pilihan yang ada pada menu utama seperti animasi, tutorial, about us, quit.

3.2.2 Blok Diagram Sistem
Pembuatan blok diagram ini data dilihat pada Gambar 3.2 dibawah ini :



Gambar 3.2 Block Diagram Sistem Secara Umum

Pada Gambar 3.2 Blok Diagram Sistem secara umum menjelaskan tentang gambaran utama program yang akan dibuat. Dalam pembuatan aplikasi ini terdapat strat animasi, tutorial, about me, dan quit.

3.2.3 Activity Diagram
    Activity diagram menggambarkan berbagai alir aktivitas dalam sistem yang sedang dirancang, bagaimana masing-masing alir berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana mereka berakhir. Activity diagram juga dapat menggambarkan proses parallel yang mungkin terjadi pada beberapa eksekusi. Pembuatan blok diagram ini data dilihat pada Gambar 3.2 dibawah ini :





Gambar 3.3 Activity Diagram



3.2.4 Component Diagram
         Component diagram dibuat untuk menunjukkan organisasi dan ketergantungan di antara kumpulan komponen dalam sebuah sistem. Diagram komponen fokus pada komponen sistem yang dibutuhkan dan ada didalam sistem. Diagram komponen juga dapat digunakan untuk memodelkan hal-hal berikut:
·         Source code program perangkat lunak.
·         Komponen executable yang dilepas ke user.
·         Basis data secara fisik.
·         Sistem yang harus beradaptasi dengan sistem lain.

Gambar 3.4 Component Diagram

3.2.5   Sequence Diagram
Sequence diagram menggambarkan interaksi antar objek di dalam dan di sekitra system ( termasuk pengguna, display, dan sebagainya ) berupa message yang digambarkan terhadap waktu. Sequence diagram terdiri atas dimensi vertical  (Waktu) dan dimensi horizontal (objek-objek yang terkait).
Sequence diagram biasa dungunakan untuk menggambarkan scenario atau rangkaian langkah-langkha yang dilakukan sebagai respon dari seuah event untuk menghasilkan output tertentu. diawali dari apa yang men-trigger aktivitas tersebut, proses dan perubahan apa saja yang terjadi secara internal dan output apa saja yang dihasilkan.
Sequence diagram untuk annimasi berwudhu dan shalat secara umum dapat ditampilkan seperti Gambar 3.5 berikut :




Gambar 3.5 Sequence Diagram


4. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN SISTEM
4.1  Tampilan Menu Utama Animasi
Halaman ini merupakan halaman yang pertama kali muncul ketika pemain menjalankan program animasi ini. Pada halaman ini terdiri dari tombol Start  animasi, tombol tutorial, tombol about me dan quit. .Gambar 4.1 merupakan tampilan  beranda awal.

4.1 Tampilan Menu Utama Animasi


4.3.2  Tampilan Sub Menu Start Animasi
Jika pemain menekan tombol Start Animasi pada menu utama. Maka pemain langsung terkoneksi dengan pilihan animasi yang ingin dijalankan. Tampilan pilihan start animasi  terlihat pada Gambar 4.2 berikut ini :


Gambar 4.2  Tampilan Menu Start Animasi

4.3.3  Tampilan Animasi Wudhu
          Halaman ini menampilkan tata cara berwudhu, mulai dari mencuci kedua telapak tangan sampai membasuh kedua kaki. Desain tampilan  animasi shalat dapat dilihat pada Gambar 4.3 di bawah ini.


Gambar 4.3  Tampilan Animasi Berwudhu
4.3.4  Tampilan Animasi Shalat
           Halaman ini menampilkan tata cara shalat yang dimulai dengan takbiratulihram dan di akhiri dengan salam. Desain tampilan  animasi shalat dapat dilihat pada Gambar 4.4 di bawah ini.


Gambar 4.4  Tampilan Animasi Shalat

4.3.5  Menu Menu Tutorial
Halaman ini menampilkan Tutorial Wudhu dan shalat.  Desain tampilan  dapat dilihat pada Gambar 4.5 di bawah ini.


4.5 Tampilan Menu Tutorial

5.1   KESIMPULAN DAN SARAN
        Berdasarkan pembahasan yang telah dilakukan pada bab-bab sebelumnya dan hasil dari analisis data yang ada, maka dapat ditarik kesimpulan yang berhubungan dengan aplikasi multimedia storyboard edukatif dengan penerapan bahasa pemprograman Macromedia Flash 8.0 yaitu :
1.       Media pembelajaran ini merupakan perancangan yang dapat memudahkan para pengguna yang ingin belajar tata cara berwudhu dan shalat yang baik dan benar.
2.       Media pembelajaran ini dibangun dengan desain yang menarik sehingga para pengguna tidak bosan selalu belajar dengan menggunakan buku.
3.       Animasi ini dapat membantu guru dalam kegiatan belajar dan mengajar sehingga memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terutama menyampaikan tata cara berwudhu dan shalat.

5.2    KETERBATASAN SISTEM
Didalam pembuatan animasi ini masih banyak kekurangan-kekurangan yang ditemukan, tidak semuanya animasi ini didesain secara sempurna. Adapun keterbatasan sistem dalam pembuatan sistem ini adalah sebagai berikut :
1.    Gambar dan animasinya masih dalam bentuk 2D.
2.    Gerakan – gerakan yang terdapat dalam animasi ini masih terkesan patah patah.
3.    Sistem yang dibuat sangat sederhana karena kemampuan penulis hanya sebatas ini saja.



5.3 SARAN
Saran yang penulis sampaikan dengan aplikasi yang dirancang adalah :
1.       Sebelum menjalankan aplikasi ini, sebaiknya aplikasi macromedia flash 8.0 sudah terinstal dalam PC atau laptop dan pemutar video sudah mendukung Flash Player.
2.       Untuk mendesain suatu animasi disarankan menggunakan Macromedia Flash 8.0 karena sangat mudah digunakan dan user-friendly tampilannya.
3.       Untuk mengedit rekaman suara disarankan menggunakan software format factory selain mudah dalam mengedit suara juga mudah untuk dipelajari.
4.       Penulis menyarankan agar lebih banyak lagi pembuat animasi yang memasukkan unsur edukatif  kedalam pembelajaran buatannya.
5.       Buatlah back up dari pembelajaran edukatif yang telah selesai untuk menghindari segala kemungkinan yang tidak diinginkan.
6.       Perlunya dilakukan pendekatan, pemeliharaan (maintance) dan pengembangan sistem di masa akan datang untuk menjaga kelangsungan hidup sistem tersebut.

DAFTAR REFERENSI

[1]. Fachrurazi.2009. Tata Cara Shalat Lengkap. Bandung:n Sinar Baru Algensindo Bandung.

[2]. Jogiyanto HM. 2005. Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi.

[3]. Jogiyanto HM. 2009. Sistem Teknologi Informasi. Yogyakarta: Andi.

[4].   Kristanti, Andri. 2003. Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya. Yogyakarta: Gava Media.

 [5 ]. Madcoms, (2012). Kreasi Animasi Kartun dengan Adobe Flash. Yogyakarta: Andi.

 [6]. Rifai, Moh.2006. Risalah Tuntunan Shalat Lengkap. Semarang: PT.Karya Toha Putra Semarang.

 [7]. Wafa, Zaenal. Macromedia Flash 8. Padang : UPI “YPTK” Padang, 2009. (dipakai dilingkungan UPI “YPTK” Padang).



[8]. Wahana Komputer, (2012). Panduan Aplikasi & Solusi (PAS) Beragam Desain Game Edukasi Dengan Adobe Flash CS5. Yogyakarta: Andi.



 Download Laporan lengkap.. klik DISINI



1 komentar:

Om boleh minta file macromedia flash wudlu dan shalatri pesantren kilat ni?

Anonim
25 Juli 2014 09.37 comment-delete

Poskan Komentar