Selasa, 18 September 2012

TUGAS APLIKASI JARINGAN (SIST. MULTIUSER)



TUTORIAL MYSQL


1.  Untuk memulai membuat database dengan my sql, pastikan XAMPP sudah terinstal di pc anda, buka XAMPP dan pastikan apache dan mysql nya running, seperti gambar dibawah ini.
 

2. Buka jendela browser anda, di sini saya menggunakan mozila Mozilla Firefox, dan ketikkan localhost/phpmyadmin di alamat web nya, buat nama database nya dan cklik tombol create.





3. Buat nama table nya dan isikan jumlah fields nya, kemudian klik go.




4.  Kemudian isikan kolom field, type untuk tipe datanya, length untuk panjang karakternya, dan tentukan primary key nya, disini primary key nya yaitu kd_ang, kemudian klik go.




5. Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar dibawah ini, tinggal kita memasukkan datanya, di tab Insert.




6.  Setelah masuk kedalam menu insert maka isikan datanya sesuai dengan fieldsnya jika tidak ada data lagi yang akan kita inputkan maka klik go, masih ada data lagi maka masukkan data di bawah nya kemudian klik go, seperti gambar dibawah ini.





7.  Setelah itu pilih menu tab browse untuk melihat data yang telah kita masukkan tadi, untuk menghapus record atau mengubah nya biasa dengan meklik gambar silang merah dan tanda pensil seperti gambar dibawah ini.




8.  Untuk menyimpan nya bias dengan dua cara yaitu bias dengan cara copy paste dan dengan cara export, untuk menyimpan dengan export bisa memilih menu tab export seperti gambar dibawah ini, disini kita bisa memilih data atau struktur dari data tersebut yang akan kita simpan, jika kita akan menyimpan struktur dari data tersebut maka ceklis Structure, dan jika kita menyimpan data maka ceklis datanya. Kemudian di pilihan export nya kita bisa memilih dalam bentuk format apa yang kita simpan, disini saya menyimpan dalam format SQL, kemudian klik save as file dan klik go, pilih dimana akan kita simpan dan klik save.




9.  Untuk membuka file yang telah kita simpan yaitu hita harus membuat database nya terlebih dahulu, kemudian pilih menu import, kemudian klik browse dan pilih dimana file yang telah kita simpan tadi, kemudian klik OK.



 
10. Kalau cara menyimpandengan cara copy paste bisa kopi database kita yang letak nya di C:\xampp\mysql\data dan nama database kita, kemudian pastekan dimana akan mau kita simpan.

SELAMAT MENCOBA SEMOGA BERMANFAAT (^_^)…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar