Minggu, 19 Februari 2012

Profil Mr. Big

Biografi : Mr. Big adalah grup band beraliran hard rock yang dibentuk di Los Angeles, Amerika pada tahun 1998. Keberadaan Mr. Big diawali oleh Billy Sheehan yang meninggalkan David Lee Roth di tahun 1988m kemudian ia bersama dengan Mike Varney membentuk sebah band dibawah naungan Sharpnel Records. Ia merekrut Eric Martin dan kemudian setelahnya mereka merekrut Gilbert dan Torpey.

Band yang baru dibentuk ini menyewa Herbie Herbert sebagai manager mereka. Kemudian mereka merilis album pertama mereka pada tahun yang sama berjudul MR. BIG dibawah naungan Atlantic Records. Namun album tersebut tidak menambah kesuksesan mereka.
Album kedua Mr. Big adalah LEAN TO IT yang dirilis tahun 1991, album ini merupakan penjualan utama sekaligus terobosan untuk band, terutama dua lagu ballad mereka yaitu to Be With You dan Just Take My Heart. Di tahun 1992, mereka meluncurkan album live dengan judul MR. BIG LIVE.

Mr. Big merilis album ketiga mereka pada 1995 yang berjudul HEY MAN. Salah satu lagu dari album tersebut dijadikan sountrak untuk serial kartun, MEGA MAN. Walaupun band tidak pernah mengulang kesuksesan terdahulu mereka di pasar Amerika tapi mereka sangat terkenal di Jepang dan beberpa negara di Asia lainnya. Mereka meluncurkan album live yang lain yaitu LIVE AT BUDOKAN yang ditujukan untuk pasar di Jepang. Tahun 1997, band untuk sementara terpecha karena anggotanya sedang sibung dengan proyek masing-masing.
Gilbert hengkang dari band pada tahun 1997 dan keberadaannya digantikan oleh Richie Kotzen. Dua studio album selanjutnya dirilis secara berurutan yaitu GET OVET IT (2000) dan ACTUAL SIZE (2001). Dua album tersebut diterima dengan baik terutama di Jepang dan Asia. Bagaimanapun juga ketegangan muncul antara Billy Sheehan dengan anggota yang lain ketika Billy memulai tur bersama Steve Vai. Mereka menggarap lagu tanpa menyertakan Billy dan ia hanya diberi dua lagu. Eric, Ritchi dan Pat setuju untuk melanjutkan proyek band dengan memecat Billy namun, manager tur tidak setuju dan meminta Billy bergabung dengan band untuk konser perpisahan. Dikarenakan semua masalah tersebut, Mr. Big terpecah tahun 2002 setelah tur perpisahan.

Pada 1 February 2009, salah satu radio mengabarkan bahwa Mr. Big akan kembali bersatu dengan formasi asli mereka untuk merayakan dua puluh tahun debut album mereka. Album terbaru mereka dijadwalkan akan duluncurkan ada 21 Januari 2011 dengan judul WHAT IF… . Album ini akan menjadi album terbaru mereka setelah sepuluh tahun dengan komposisi lagu yang baru.

Discography:
1989 : Mr. Big
1991 : Lean Into It
1993 :Bump Ahead
1996 : Hey Man
2000 : Get Over It
2001 :Actual Size
2011 : What If…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar